Perbaikan Mobil Terendam Banjir [LAYAK atau TIDAK?]

Tips
perbaikan mobil terendam banjir

Apakah Perbaikan Mobil Terendam Banjir Bisa Dilakukan?

Banjir akibat tsunami, curah hujan yang lebat, tanggul bobol atau luapan air sungai seringkali terjadi di negara kita. Adakalanya dalam situasi tersebut bita tidak sempat menyelamatkan mobil yang kita miliki, karena keselamatan jiwa menjadi hal yang lebih utama. Setiap tahun, terutama dimusim hujan puluhan bahkan ratusan mobil menjadi korban terendam banjir. Tingkat kerusakan yang ditimbulkan terhadap mobil tentu saja bervariasi, tapi semuanya berujung pada pertanyaan yang sama. Bisakah mobil korban banjir diperbaiki?

Jawaban untuk pertanyaan tersebut tidaklah sesederhana hanya YA atau TIDAK. Menentukan apakah mobil korban banjir bisa diperbaiki atau tidak, diperlukan pemeriksaan terlebih dahulu. Bisa saja sebuah mobil hanya memerlukan perbaikan kecil dan kemudian bisa beroperasi kembali, tapi ada kalanya jika mobil sampai terendam seluruhnya kemungkinan besar sudah tidak layak untuk diperbaiki.

Apakah layak mobil terendam banjir diperbaiki?

Inti pertanyaan dari semua permasalahan ini adalah, apakah mobil yang terendam banjir masih layak untuk diperbaiki? Hal itu tergantung pada tingkat kerusakan yang dialami, bisa jadi akan memakan biaya yang sangat besar untuk perbaikan. Apalagi jika ternyata polis asuransi yang kita miliki tidak mengcover kerusakan akibat banjir. Bahkan jika dicoverpun tetapi biaya perbaikan mendekati harga mobil tersebut maka perusahaan asuransi akan menganggapnya rusak total dan tidak bisa diperbaiki.

  • Tentukan nilai mobil anda.
    Sebelum memutuskan apakah mobil anda bisa diperbaiki, mulailah dengan menentukan nilai mobil dalam kondisi sebelum terkena banjir. Apakah ada masalah atau kerusakan sebelumya? Apakah mobil yang sudah cukup mala atau tua? Hail ini bisa membantu kita untuk menentukan nilai dari mobil anda.
  • Periksa Kerusakan yang Terjadi
    Untuk menetukan apakah mobil bekas banjir masih layak untuk diperbaiki atau tidak, mintalah bantuan dari teknisi terpercaya. Mereka akan memeriksa dan memberi saran atau masukan mengenai kerusakan dan mintalah perkiraan biaya perbaikannya. Cobalah konsultasi dengan beberapa teknisi atau bengkel agar mendapatkan saran terbaik.
    Nah sekarang anda sudah punya perkiraan harga mobil berdasarkan kerusakan dan biaya perbaikan yang harus dikeluarkan. Disini kita bisa menilai, apakah kerusakan akibat banjir ini layak diperbaiki atau tidak  Jika tidak layak, cobalah bawa mobil ke tukang pemyembelihan mobil bekas, dari sini kita masih bisa mendapatkan sedikit uang dari penjualan mobil rusak tersebut.  Jika ternyata biaya perbaikan tidak memakan biaya besar, atau ternyata mobil anda masih baru, maka memperbaiki adalah pilihan yang tepat.

Jenis Kerusakan Akibat Banjir

Untuk membedakan jenis kerusakan dan memperkirakan bisa diperbaiki atau tidak, sebaiknya kita perlu mengetahui jenis kerusakan banjir yang anda alami. Di bawah ini adalah penjelasan mengenai jenis kerusakan akibat banjir dan seperti apa yang masih bisa diperbaiki.

  • Kerusakan akibat air laut vs air tawar
    Seperti apa kerusakan yang mobil anda alami?  Rusak akibat banjir itu sudah cukup merepotkan, tapi rusak akibat banjir air tawar masih lebih baik ketimbang akibat terendam air asin atau air laut. Seterti kita ketahui, air laut sangatlah korosif yang dengan cepat akan merusak seluruh komponen mobil kita. Bagian mesin dan elektrik dipastikan mengalami rusak total jika anda terkena banjir air laut.
    Jika banjir yang anda alami bukanlah banjir air asin atau laut, dalam beberapa kasus masih bisa diperbaiki hanya dengan melakukan pengeringan. Setelah itu biasanya akan kembali bisa digunakan. Jika terendam air lain, maka yang harus dilakukan adalah membilas secara menyeluruh sebelum dikeringkan.
  • Mekanik atau asesoris
    Kerusakan apa yang anda alami? Mekanik atau cuma asesoris mobil? Ini berpengaruh pada saat perbaikan nanti. Asesoris lebih mudah diperbaiki ketimbak kerusakan mekanik. Kerusakan asesoris biasanya terjadi di bagian interior, karena bahan-bahan pada bagian interios seperti kain, kulit, kayu sangat mudah rusak dalam kondisi basah.

    Akibat Water Hammer

    Piston melengkung akibat water hammer

    Nah kerusakan pada bagian mekanik atau onderdil mobil bisa jadi parah. Jika terkena banjir pada saat dikendarai, bisa jadi kerusakan yang dialami sangatlah parah. Air bisa saja masuk kedalam ruang pembakaran mesin melalui filter udara. Air yang masuk bisa menyebabkan water hammer, dimana piston set akan pecah atau melengkung. Jika ini terjadi bisa jadi harus dilakukan penggantian mesin keseluruhan.

Kesimpulan

Perbaikan mobil terendam banjir dalam beberapa kasus masih bisa diperbaiki (walapun kadang mahal), akan tetapi, mobil yang pernah terendam banjir, kedepannya tetap punya potensi untuk bermasalah. Saran terbaik untuk menghindari masalah kedepan adalah, jika selesai diperbaiki, segeralah jual sebelum kerusakan-kerusakan berikutnya terjadi.

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply