Mobil Susah Hidup? Bisa Jadi Ini Penyebabnya.

Tips
penyebab mobil susah hidup

Mungkin Ini Penyebab Mobil Susah Hidup.

Ketika sedang menghidupkan mobi tetapi mesin tidak mau menyala, sungguhlah menyebalkan. Bisa saja karena kelalaian kita lupa metaikan lampu sehingga menyedot daya dari aki sehingga dinamo starter tidak kuat menghidupkan mesin. Namun selain itu masih ada banyak hal lainnya yang menyebabkan mobil kita tidak bisa distarter pada pagi hari.

Mobil tidak bisa distarter bisa jadi karena beberapa alasan, cobalah putar kunci kontak dan perhatikan apakah ada suara aneh yang terdengar. Coba hidupkan lampu. Periksa terminal aki, setelan gas, tali kipas atau sambungan kabel ada yang longgar.

Ingat-ingat saat terakhir kali mobil dipakai, mungkin ada kejadian yang mneyebabkan mobil sulit hidup, mungkin saja ada hal yang anda terlupakan sehingga mengakibatkan aki mobil tekor.

Nah dibawah ini kita coba ulas-satu persatu hal-hal yang meyebabkan mobil sulit distarter.

Bahan bakar tinggal sedikit. Ketika mobil tidak bisa dihidupkan, coba cek indikator bahan bakar  didasboard. Bisa jadi bahan bakar tinggal sedikit dan kebetulan kita parkir tidak ditempat yang rata, sehingga bensin yang tersisa tidak dapat disedot untuk disalurkan ke mesin. Jika memang ini yang terjadi, cobalah untuk memindahkan mobil ketempat yang lebih rata terlebih dahulu.
Jika sudah ditempat rata, putar kunci kontak anda tanpa perlu menginjak gas hingga bahan bakar mencapai mesin.

Aki yang mati atau lemah.

aki mobil lemah

Aki lemah adalah penyebab terbesar mobil tidak dapat dihidupkan. Biasanya kita langsung akan tahu kalau aki sudah lemah dan tidak mampu menghidupkan mesin. Cirinya adalah dinamo starter berputar lambat dan kemudian berhenti.
Adakalanya walaupun aki sudah lemah, mesin masih bisa hidup. Diamkan beberapa saat sebelum kita menghidupkan ulang. Aki mobil dapat memulihkan sedikit daya untuk membantu menghidupkan mesin.
Cek konektor terminal aki, bisa jadi terjadi penumpukan mineral yang harus dibersihkan. Lepas dan bersihkan. Tetapi untuk mobil-mobil terbaru anda harus berhati-hati. Bisa saja ketika anda melepaskan aki, maka sistem akan ter-reset. Gunakan Memory Saver Connector OBD2 untuk mengatasi hal tersebut.
Untuk melepaskan aki, awali dengan melepaskan kabel berwarna hitam atau negatif terlebih dahulu. Baru kemudian kabel berwarna merah. Bersihkan dengan sikat, amplas  atau anti karat. Jika sudah pemasangan kabel dapat dilakukan kembali dengan urutan kabel berwarna merah terlebih dahulu, baru kemudian kabel negatif atau berwarna hitam.

Kabel Longgar.

Kabel yang longgar sering kali terjadi terutama pada mobil yang telah menempuh jarak yang jauh atau sudah cukup tua. Mobil yang seringkali berjalan kondisi jalan yang buruk lebih sering lagi mengalami kasus kabel kendor atau longgar ini. Kabel dapat menjadi longgar atau terlepas akibat pelapukan alami, getaran, pemasangan yang tidak baik, panas dan sebagainya.
Buka kap mesin dan periksa kabel-kabel yang berkaitan dengan aki atau alternator. Jika ada kotoran atau korosi disitu, maka harus kita bersihkan atau jika perlu lakukan penggantian kabel baru.

Tali Kipas Altenator.

Pada umumnya, setiap mobil memerlukan belt atau tali kipas altenator untuk menghubungkan putaran mesin ke alternator atau dinamo pembangkit listrik. Jika tali kipas ini ini kendor, maka yang terjadi adalah dinamo tidak akan berputar secara sempurna dan tidak menghasilkan listrik dalam jumlah yang cukup atau bahkan tidak menghasilkan listrik sama sekali. Cek pada sabuk, apakah ada keretakan, coba tekan dengan jari, jika bisa bergerak cukup jauh, maka tali kipas perlu dikencangkan. Cek juga kondisi puli, apakah bisa berputar dengan lancar atau sudah goyah. Kondisi puli juga berpengaruh pada kemampuan altenator menghasilkan listrik.

Dinamo Starter.

 

dinamo starter mobil

Jika kabel sudah dicek dan kondisi baik, kabel-kabel juga baik, maka pemeriksaan selanjutnya adalah dinamo starter.

Jarang Servis.

Mobil yang jarang servis rutin, bisa jadi juga akan mengalami kejadian ini. Dengan melakukan pemeriksaan secara rutin, gejala awal segala gangguan atau kerusakan pada mobil bisa diketahui lebih cepat sebelum menjadi gangguan.

Kesimpulan
Melakukan pemeriksaan secara urut, dari bahan bakar, aki, kabel, tali kipas kemudian dinamo starter akn membantu kita menemukan penyebab mobil susah hidup. Mulailah dari dalam mobil denganmemeriksa semua lampu-lampu, indikator dan kemudian baru memeriksa ruang mesin.

Mungkin anda juga ingin membaca
Tips Merawat Mobil

 

 

 

 

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply