Cara membersihkan filter udara mobil

Tips
membersihkan filter udara mobil

Membersihkan filter udara mobil berdasarkan bahan filter

Filter udara pada mobil merupakan komponen penting yang harus dirawat dan dijaga kebersihannya. Cara kerja dari filter udara adalah menyaring udara sebelum masuk ke ruang bakar mesin mobil. Disini filter udara akan menahan debu atau kotoran yang terdapat diudara. Jika saja udara yang masuk keruang bakar mesin adalah udara kotor pada akhirnya akan mempengaruhi kemampuan kerja dari mesin mobil kita. Adapun akibat yang dapat kita rasakan antara lain:

  • Bensin menjadi boros.
  • Mesin tidak bertenaga
  • Suhu mesin cenderung menjadi lebih panas

Oleh karena itu, untuk menghindari terjadinya hal yang tidak diinginkan tersebut, filter udara perlulah kita rawat antara lain dengan cara rutin membersihkan filter udara. Tidak perlu dilakukan dibengkel mobil, dengan alat seadanya kita juga bisa melakukan pembersihan filter udara dirumah.

Sebelum kita lakukan membersihkan filter udara mobil kita, ada baiknya anda membaca informasi berikut mengenai cara membersihkan filter udara berdasarkan bahannya.

  1. Filter Udara Mobil Berbahan Kertas

    Ada filter udara untuk mobil yang menggunakan bahan kertas atau karton. Untuk filter udara berbahan ini, maka cara membersihkannya yang paling tepat adalah dengan penyemprotan udara bertekanan tinggi atau menggunakan kompresor angin. Cara ini akan menyingkirkan debu atau kotoran yang yang melekat pada permukaan filter sehingga kembali memperlancar arus aliran udara. Untuk filter berbahan kertas ini, janganlah kita menggunakan zat cair pada saat proses pembersihan, karena justru akan merusal filter.

  2. Filter Udara Berbahan Busa [spon]

    Untuk membersihkan filter udara yang berbahan busa cenderung lebih praktis. Untuk mebersihkan filter jenis ini, kita bisa melakukan pencucian dengan menggunakan air sabun. Celupkan kedalam air sabun kemudian remas dengan lembut. Jangan terlalu kuat ketika mengucek karena bisa merobek filter. Peras hingga kering kemudian dijemur atau cukup diangin-anginkan hingga benar-benar kering sebelum dipasang kembali.

  3. Filter Udara Mobil Berbahan Kain.

    Selain 2 bahan filter yang telah disebutkan diatas, masih ada satu jenis lagi bahan filter udara yang banyak digunakan. Yaitu filter berbahan kain. Untuk bahan jenis kain ini, proses pembersihan dapat dilakukan dengan cara yang sama untuk pembersihan filter spon/busa. Bisa juga dengan menggunakan pembersih khusus yang banyak dijual di toko asesoris mobil. Setelah pengaplikasian pembersih kemudian kita semprotkan udara dari kompresor untuk membersihkan kotoran yang masih tertinggal.

Langkah-Langkah Membersihkan Filter Udara.

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan pada proses pembersihan filter udara sebagai berikut:

  • Buka kap mesin dan temukan kotak filter udaranya. Biasanya berupa kotak hitam dengan klip logam disekitarnya.
  • Buka kotak filter dan keluarkan elmenet filternya. Perhatikan posisi elemen sebelum dikeluarkan, agar ketika pemasangan kembali tidak terbalik.
  • Bersihkan bagian dalam box filter sebelum anda mulai membersihkan elemen filter udaranya.
  • Lanjutkan dengan membersihkan filter udara.
  • Jika sudah bersih dan kering pasang kembali filter kedalam kotak filter.
  • Kencangkan semua baut dan klip ditutup kotak filter.

Lakukan pembersihan filter udara setiap 3.000 kilometer sekali, atau lebih pendek jika kondisi mobil banyak berkerja diarea yang banyak debu. Nah demikan sekilas cara membersihkan filter udara mobil anda.

 

 

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply