8 Tips Untuk Mengecat Mobil Sendiri

cara mengecat mobil sendiri
Mengecat Mobil (Foto: indyacars)

Mengubah warna cat mobil kadang ingin dilakukan karena bosan atau alasan lainnya. Mengecat mobil memang lebih aman jika dilakukan di bengkel mobil profesional. Namun jika ingin mengecat sendiri maka perlu menyiapkan beberapa hal dan melakukan pengecatan dengan benar. Apa saja yang perlu disiapkan? 


Berikut ini beberapa tips untuk mengecat mobil sendiri.

1. Menghilangkan karat

Cara paling efektif untuk menghilangkan karat pada bagian mobil yang akan dicat yaitu dengan membuang bagian yang berkarat dan mengganti dengan material baru. Namun bisa jadi bagian yang berkarat hanya sedikit saja jadi cara lainnya yaitu dengan mengelas bagian yang berkarat atau menggunakan bahan kimiawi yang bisa menghilangkan karat.

2. Menggunakan body filler yang berkualitas tinggi

Sebelum dicat, mobil perlu dilapisi oleh body filler. Body filler yang murah cenderung memiliki kualitas yang kurang baik. Sebaiknya gunakan body filler yang berkualitas tinggi sehingga cat baru dapat tampak baik dan bertahan lama.

3. Block-Sanding/Pengampelasan

Pengampelasan permukaan mobil diperlukan sebelum benar-benar dicat. Dengan block-sanding maka permukaan mobil dapat diratakan dengan lebih sempurna.

4. Mengecat mobil di dalam ruangan

Pengecatan mobil harus dilakukan di dalam ruangan. Mengecat di dalam ruangan jauh lebih aman karena mencegah debu dan kotoran yang dapat menempel ke permukaan cat baru.

5. Membersihkan tempat yang digunakan

Sebelum mengecat mobil maka tempat yang digunakan perlu dibersihkan terlebih dahulu. Tempat harus bebas dari kotoran dan debu yang dapat menempel pada cat baru. Sapulah dulu ruangan sampai bersih untuk menghilangkan debu yang ada.

6. Menjaga agar tempat tetap kering dan memiliki ventilasi baik

Tempat pengecatan mobil juga harus kering untuk mencegah air berdampak pada cat yang diaplikasikan pada mobil. Air dapat terperangkap dalam cat dan body mobil yang dapat menyebabkan karatan.

7. Menggunakan cat dan peralatan mengecat yang berkualitas

Direkomendasikan untuk menggunakan cat mobil yang berkualitas. Cat mobil yang berkualitas akan lebih tahan lama dan tidak mengecewakan. Pilihlah paint gun yang tepat untuk mengecat mobil. Paint gun sendiri terdiri dari dua tipe yaitu can-style dan high volume low pressure (HVLP).

8. Mempelajari teknik mengecat mobil

Sebelum benar-benar mengecat mobil, pelajari dulu bagaimana teknik mengecat mobil. Pengecatan mobil bisa dilakukan dengan sistem single-stage atau two-stage. Pengecatan melalui dua tahapan cenderung lebih baik karena cat akan lebih tebal dan bersinar.
8 Tips Untuk Mengecat Mobil Sendiri 8 Tips Untuk Mengecat Mobil Sendiri Reviewed by Senja Nilasari on 10:40 AM Rating: 5

No comments