10 Langkah untuk Membeli Mobil yang Terbaik

Membeli mobil terbaik
Membeli Mobil Sesuai Kebutuhan (Foto: Confused)

Langkah-langkah berikut ini akan membantu Anda untuk memilih mobil yang terbaik.

Mobil terbaik yang dimaksud yaitu mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Sebuah mobil yang baik bagi seseorang kadang berbeda bagi orang lain. Berikut ini 10 langkah untuk mendapatkan mobil yang terbaik:

  1. Jenis mobil apa yang dibutuhkan.
    Jika kita mengerti apa yang kita butuhkan pada sebuah mobil harusnya kita bisa segera mendapatkan mobil yang sesuai. Berpikirlah sejenak tentang untuk apa mobil itu nantinya akan digunakan. Berapa orang yang nantinya akan sering naik mobil tersebut? Berapa sering kita melakukan perjalanan? Atau jenis jalan yang akan sering dilalui.
  2. Jumlah biaya yang bisa dipenuhi.
    Apakah kita memutuskan untuk membeli tunai atau kredit, kita seharusnya memahami kemampuan keuangan yang dimiliki. Jika membeli secara kredit maka sebaiknya tidak lebih dari 20% dari jumlah pendapatan yang dimiliki perbulan.
  3. Memilih angsuran atau tunai.
    Saat kita tidak memiliki uang tunai yang cukup namun membutuhkan mobil maka memilih program angsuran atau leasing akan menjadi pilihan yang realistis. Namun perlu diperhatikan juga kemampuan dalam membayar di bulan-bulan berikutnya. Jika memiliki uang yang cukup, membeli tunai akan lebih fleksibel dalam penggunaan mobil ataupun beban di waktu yang akan datang.
  4. Membandingkan mobil dalam satu jenis/kelas.
    Setelah mengetahui jenis mobil yang ingin dibeli, selanjutnya yaitu memilih di antara beberapa tipe mobil yang spesifik. Lakukan riset mengenai tipe mobil, spesifikasi, fitur, harga, dan lain-lain sehingga dapat menemukan mobil yang spesifik.
  5. Mengetahui biaya perawatan mobil.
    Mobil tidak hanya akan membutuhkan biaya waktu dibeli saja tapi akan berkelanjutan saat mobil dipakai. Biaya bahan bakar, perawatan mesin, oli, dan lain-lain akan berbeda-beda dari mobil satu ke mobil lainnya. Jadi perlu mengetahui berapa biaya yang nantinya dibutuhkan untuk merawat sebuah mobil, apakah kita sanggup ataukah tidak.
  6. Pilihan riset.
    Sebelum ada internet, calon pembeli perlu datang ke dealer-dealer lokal untuk menemukan mobil yang mereka inginkan. Sekarang dengan bantuan internet maka calon pembeli bisa melakukan riset awal melalui internet. Dealer-dealer kebanyakan sudah memiliki website resmi yang bisa dikunjungi untuk melakukan riset.
  7. Menjadwalkan test drive.
    Hubungi dealer atau salesperson mobil untuk membuat perjanjian test drive. Kita bisa menghubungi mereka melalui panggilan telepon ataupun pesan elektronik. Kita bisa memberitahukan bahwa kita masih ingin memilih-milih mobil namun jika sudah yakin maka akan membeli di dealer tempat test drive.
  8. Bagaimana melakukan test drive mobil.
    Test drive mobil harusnya bisa mereplikasi kondisi mobil yang digunakan setelah membelinya. Coba kendarai mobil di jalan bebas ataupun di jalanan macet. Jika kita sering berkendara ke dataran yang lebih tinggi, cobalah cari jalan yang menaik.
  9. Setelah test drive.
    Setelah test drive, kita tidak harus membeli langsung pada dealer. Kita bisa mencoba jenis mobil yang lain lagi untuk lebih meyakinkan. Dealer atau salesperson mobil seharusnya tidak akan menekan kita untuk membeli mobil yang telah diuji.
  10. Bersiap untuk siklus pembayaran.
    Saat yakin untuk membeli sebuah mobil, selanjutnya menyiapkan pembayarannya. Membeli secara tunai akan lebih mudah karena mobil nantinya langsung menjadi hak milik kita. Sedangkan membeli secara leasing berarti kita harus terus berhubungan dengan perusahaan leasing di bulan-bulan berikutnya untuk membayar angsuran.
10 Langkah untuk Membeli Mobil yang Terbaik 10 Langkah untuk Membeli Mobil yang Terbaik Reviewed by Senja Nilasari on 6:17 AM Rating: 5

No comments