Jangan Pernah Menyalip Kendaraan Pada 6 Kondisi Ini !

Perhatikan timing saat akan mendahului (Foto: avtomotospec)

Saat berkendara, ada kalanya kita ingin mendahului kendaraan di depan kita karena alasan terburu-buru atau alasan lainnya. Namun menyalip bisa menjadi sumber masalah jika tidak dilakukan dengan benar dan sesuai peraturan. 

Tahukah Anda? Ternyata menyalip merupakan salah satu penyebab kecelakaan lalu lintas yang dapat mengakibatkan luka-luka, cacat permanen, atau bahkan kematian! Sebenarnya dengan tidak menyalip akan mengurangi sekitar 70% risiko kecelakaan serius dan fatal. 
Jika ada kesempatan untuk menyalip maka harus benar-benar PAS (Perlu, Aman, Sesuai). Kita bisa mengukur sendiri apakah kita benar-benar perlu menyalip, apakah dalam keadaan aman, dan apakah sudah sesuai dengan peraturan lalu-lintas. Bila salah satu syarat saja syarat diatas tidak terpenuhi, maka jangan sekali-kali mendahului kendaraan di depan Anda.

Maka agar tetap selamat selama perjalanan, hindari menyalip pada kondisi-kondisi berikut ini:
  1. Saat ragu-ragu
  2. Saat berada di tikungan
  3. Saat berada di jalan menanjak
  4. Saat berada di jalan dengan marka tidak terputus
  5. Saat berada di area penyebrangan jalan/zona aman sekolah
  6. Saat berada di jembatan sempit

6 hal tersebut adalah larangan keras ketika akan menyalip. Risiko kecelakan akan dapat kita minimalisir sendiri dengan mengikuti kiat menyalip yang aman.

Selalu ingat bahwa menyalip hanya boleh dilakukan pada kondisi perlu, aman, dan sesuai peraturan lalu lintas. Keselamatan perlu terus diutamakan dalam kegiatan berlalu-lintas agar para pengendara dapat selamat sampai di rumah.
Jangan Pernah Menyalip Kendaraan Pada 6 Kondisi Ini ! Jangan Pernah Menyalip Kendaraan Pada 6 Kondisi Ini ! Reviewed by Handi Cahyono on 10:16 AM Rating: 5

No comments